PT.Krakatau Steel Bangun Pelabuhan Batu Bara Internasional

>>>Pembangunan Dua Lokasi Lagi Tunggu Investor
CILEGON, TRIBUN- PT Krakatau Steel (KS) melalui anak perusahaannya PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) membangun Pelabuhan Internasional Terminal Batubara yang pertama di Indonesia. Pembangunan pelabuhan batu bara terbesar di Indonesia itu diresmikan Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Jusman Syafii Jamal dengan dilakukannya peletakan batu pertama.
Direktur Utama (Dirut) PT KS Fajwar Bujang mengatakan, pembangunan terminal batu bara tersebut merupakan pengembangan perusahaan PT KS melalui PT KBS bekerjasama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) serta sebuah perusahaan Malaysia, PT Cigading International Bulk Terminal (CIBT) selaku investor.
“Pelabuhan ini merupakan terminal batu bara umum yang pertama dan terbesar di Indonesia dengan luas lahan 12 hektare,” katanya.
Total investasi untuk pembangunan pelabuhan tersebut, lanjutya, sebesar US$45 juta dengan pembagian US$5 juta dari KBS dan sisanya dari perusahaan Malaysia. “Pembangunan pelabuhan batu bara ini memakan waktu dua tahun dengan kafasitas 5 juta ton per tahun,” kata Fazwar.
Total dermaga yang akan dibangun dari sebelumnya hanya 1,7 km, dikembangkan menjadi sepanjang 3 km dengan kedalaman 20 meter dan kapasitas 150 ribu ton. Pelabuhan tersebut selain digunakan untuk bongkar muat batu bara, juga digunakan sebagai pelabuhan utama barang curah kering lainnya seperti pakan ternak, pupuk, kedelai, jagung dan gula.
“Dengan kedalaman 20 meter ini maka pelabuhan kita ini merupakan merupakan pelabuhan terdalam di Indonesia,” katanya.
Dalam kesempatan itu, sebelum dilakukannya penandatangan prasasti sebagai simbol peresmian, Menhub sempat menyatakan, bahwa cukup bangga dengan semangat PT KS untuk memicu perusahaan plat merah itu ke arah perkembangan yang lebih baik. “PT KS ini merupakan satu-satunya dari 5 perusahaan yang dibangun dengan teknologi Rusia dan bertahan sampai sekarang. Kita harus bangga itu,” tegasnya.
Di Banten rencananya bakal ada 3 pelabuhan internasional. Diantaranya, Pelabuhan Curah Kering dan batu bara di KBS, Pelabuhan General Cargo di Kawasan Ciwandan serta Pelabuhan Internasional Terminal Conteiner di Bojonegara. Menhub beraharap, pembangunan tersebut agar lebih dipercepat. Pasalnya, untuk meningkatkan perdagangan dunia antara bangsa, maka ketiga pelabuhan tersebut sangat mendukung.
“Mudah-mudahan ada investor lainnya yang akan bekerjasama dengan pemerintah untuk membangun dua pelabuhan inernasional lainnya di Banten,” ujarnya.
Dengan Kemajuan ini, Menhub berencana akan membangun sarana dan parasarana fasilitas transporatasi Kereta Api (KA) yang melintasi kawasan PT KS dan beberapa lokasi di Banten. Hal ini menurutnya, sangat perlu sekali dibehahi karena untuk memperlancar transportasi tanpa mengganggu aktivitas lainnya seperti perindustrian.
Namun lagi-lagi, persoalan dana menjadi kendala untuk membuktikan niatnya itu. Kata dia, dalam pembangunan tersebut membutuhkan anggaran sekitar Rp 20 sampai Rp 30 triliun. Sedangkan dalam APBN sendiri hanya punya anggaran Rp 10 triliun. Akan tetapi, ia menyatakan secara bertahap akan dilakukan pembenahan sarana transportasi KA tersebut.
“Anggaran cukup besar untuk membenahi lintasan KA itu, butuh sedikitnya 20 sampai 30 trilian, tapi dana yang ada di APBN hanya 10 triliun. Namun tetap kita upayakan dan melakukan percepatan pembangunannya secara bertahap,” tandasnya.
Sementara itu, Gubernur Provinsi Banten, Hj Ratu Atut Chosiyah dalam sambutannya mengatakan, permohonan kepada Menhub agar lebih memperhatikan sarana transportasi yang ada di Banten seperti, Pelabuhan Penyeberangan Merak. Menurutnya, pelabuhan tersebut sering mengalami kemacetan dan penumpukan kendaraan, sehingga dapat mengurangi pelayanan terhadap masyarakat.
“Saya akui, Pak Menhub sudah sangat memperhatikan Wilayah Banten, tapi saya lebih menyoroti pelabuhan Merak yang selalu terdengar macet, tolong pelabuhan itu juga lebih diperhatikan agar pelayanan kepada masyarakat juga meningkat,” ujarnya. (Irw)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: