The Secret Of Self-concept

The Secret Of Self-concept
<!––>Baru-baru ini buku “THE SECRET” banyak dibicarakan orang. Dalam buku itu Rhonda Byrne mengungkapkan rahasia yang sebenarnya pernah ditemukan dan telah ditemukan lagi sepanjang sejarah. Memahami hukum dibalik rahasia itu dapat mengubah hidup Anda. Ide sentralnya adalah mengenai Hukum Gaya Tarik. Hukum mental ini secara sederhana berbunyi: “Segala sesuatu yang Anda pikirkan dalam benak Anda akan tertarik ke dalam kehidupan Anda.”

Hidup yang Anda jalani seperti adanya sekarang merupakan hasil sebab akibat. Cara Anda berpikir dalam hidup adalah seperti magnet yang menarik peristiwa-peristiwa yang terjadi kedalam hidup Anda baik maupun buruk. Sekalipun ada beberapa hal yang saya tidak sependapat dengan konsep yang diajarkan “THE SECRET” misalnya Rhonda Byrne dalam konsepnya hampir meniadakan peran TUHAN dalam urusan-urusan manusia, namun buku tersebut masih memiliki banyak hal baik untuk disampaikan, yang harus kita lakukan adalah meluruskan konsepnya.

TUHAN menciptakan dunia agar manusia dapat mengendalikan banyak hal melalui hukum-hukum alam yang begitu spesifik dan terukur sehingga kita dapat mengirim orang ke bulan dan mengembalikannya ke bumi dengan ketepatan hitungan per detik. Bukan tidak mungkin bahwa Ia juga menciptakan hukum-hukum mental supaya manusia dapat mengendalikan lebih banyak kehidupannya. TUHAN tetaplah pribadi yang menciptakan segala sesuatunya.

Pengungkapan RAHASIA ini hanya memberi kita lebih banyak akses untuk mendapatkan apa yang telah TUHAN ciptakan. HUKUM GAYA TARIK DAN SELF-CONCEPT Semua hal yang Anda ketahui tentang diri Anda, semua hal yang Anda percayai, dan semua hal yang pernah Anda alami dalam hidup terekam dalam ‘mental hard-drive’ kepribadian Anda, yaitu di dalam self-concept Anda.

Self-concept Anda mendahului dan memprediksi tingkat performa dan efektifitas setiap tindakan Anda. Tingkah laku nyata Anda akan selalu konsisten dengan self-concept yang terdapat dalam diri Anda. Self-concept Anda memiliki tiga komponen utama, yaitu:

1. Self-Ideal (Diri Ideal). Self-Ideal adalah sosok seperti apa yang paling Anda inginkan untuk menjadi diri Anda di segala bidang kehidupan Anda.

2. Self-Image (Citra Diri). Bagian ini menunjukan bagaimana Anda membayangkan diri Anda sendiri.

3. Self-Esteem (Jati Diri). Definisi paling tepat untuk menggambarkan self-esteem adalah seberapa besar Anda menyukai diri Anda sendiri. Hukum Gaya tarik hanya akan bereaksi dengan tingkat pemikiran yang mendalam yaitu apa yang Anda rasakan di dalam self-concept Anda. Perubahan dalam self-concept Anda akan mengubah kehidupan lahiriah Anda. Perubahan dalam self-concept Anda akan mengubah realitas yang Anda hadapi.

Apa yang Anda tayangkan pada layar mental Anda akan menarik orang, benda, situasi, kejadian, sumber daya, dan juga “keberuntungan” yang sejalan dengan karakter pikiran yang dominan pada self-concept Anda. Langkah-langkah meningkatkan level self-concept Anda untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik adalah sbb:

1. Tentukan self-deal Anda dengan standar yang tinggi, dengan nilai-nilai dan visi yang jelas

2. Secara bertahap sesuaikan self-image Anda untuk bisa sejajar dengan self-ideal Anda. Caranya adalah dengan melakukan latihan visualisasi (tentukan bagi diri Anda sendiri tingkah laku tertentu atau tujuan tertentu yang ingin Anda capai, lihatlah diri Anda sendiri memancarkan tingkah laku tersebut secara spesifik, terimalah adegan ini dan perubahan yang disajikannya sebagai sesuatu yang telah menjadi bagian hidup Anda).

3. Tingkat self-esteem Anda ditentukan oleh seberapa cocok self-image Anda, yaitu performa dan tingkah laku Anda saat ini dengan self-ideal Anda. Setiap kali Anda merasa sanggup menjalankan sesuatu pada tingkat yang paling baik, Anda akan merasa sangat puas dan self-esteem Anda akan melejit naik.

Stephen Barnabas

Penulis buku “Financial Self-Concept : Kunci Meraih KEKAYAAN dan KESUKSESAN Sejati”.

Penulis dapat dihubungi melalui email: crownedone_stp@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: