PKB Versi Muhaimin Daftarkan Calon Walikota Serang

SERANG – Kandidat Walikota Serang bertambah satu lagi, pada detik terakhir pendafatran,  pada Jum’at (27/6) sekitar pukul 23.30 lalu, pasangan Raden Rai Anilasari-Ubaydillah Kabier mengembalikan berkas pencalonan yang disertakan dengan sembilan partai pengusung.

Saat tiba di Kantor KPU Kabupaten Serang, pasangan Rai-Kabier diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Serang Omo Sukatma, dan tiga anggota lainnya, Enan Nadia, Aslah, dan Fuad Ahdja.

Setelah menyerahkan berkas pendaftaran berupa surat keputusan sembilan partai politik terhadap pasangan itu, kemudian anggota KPU membahsanya di sebuah rungan tertutup. Setelah dinyatakan lengkap, KPU memutusakan menerima pendaftaran tersebut karena perolehan suaranya sudah memadai. Namun, ada beberapa catatan yang harus dipenuhi.

Catatan dimaksud, adalah perihal dukungan PKB, PDK, dan PKPI. Pasalnya, PKB dan PDK terlebih dahulu sudah menyatakan dukungannya kepada duet Tb Lulu Kaking-Tb Ismetullah Al Abbas. Sementara PKPI menjadi parpol non-parlemen yang mengusung duet Ade Muchlas Syareif-Juheni M Rois.

“Kami berharap, ganda dukungan ini bisa diselesaikan sebelum tanggal 4 Juli, dimana kita akan melakukan verifikasi dukungan terhadap seluruh kandidat, baik yang berasal dari parpol maupun calon perseorangan,” tutur Anggota KPU, Enan Nadia.

Menjawab hal tersebut, usai menyerahkan berkas, Ubaydillah yang didampingi utusan sembilan partai gurem  dengan nama Koalisi Maslahat yakni Partai Persatuan Daerah (PPD), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Indonesia Marhaenisme (PNIM), Partai Persatuan Nahdlatul Ulama Indonesia (PPNUI), dan Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), Partai Pelopor, Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Buruh Sosial Demokrat (PBSD), dan Partai Kesatuan Persatuan Indonesia (PKPI) mengatakan, setelah dimenangkan oleh Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan pihaknya yakin kasasi di tingkat Mahkamah Agung (MA) juga akan dimenangkannya kubu Muhaimin. Dan Ubaydillah sendiri menyatakan keputusan yang sah adalah milik pasanganya.

“Kita lihat saja nanti, kita sedang menunggu pembacaan keputusan MA dalam waktu dekat ini. Dan kalau ada  surat keputusan yang selain itu, dianggap tidak ada. Karena PKB hanya satu dan atas nama Muhaimin,” kata Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Serang ini.

Terkait adanya kepengurusan ganda di tingkat DPP PKB dan adanya surat keputusan ganda dari PPDK  kemungkinan besar pasangan lain akan kehilangan dukungan dari dua partai tersebut. Pasalnya, PKB yang lain (versi Gus Dur) sudah mendaftarkan pasangan Lulu Kaking dan TB Ismetullah sebagai pasangan calon ke KPU Kabupaten Serang.

Dimintai keterangannya, kader PKB Tb Maman Hulman yang sebelumnya mengantarkan duet Lulu Kaking-Tb Ismetullah maju sebagai salah satu kandidat walikota menuturkan, jika kedepan Kubu Muhaimin dimenangkan hak kasasinya oleh Mahkamah Agung maka kemungkinan besar pihaknya akan kehilangan kekuatan dukungannya terhadap pasanga calon diatas.

Pasalnya, dengan dimenangkannya Kubu Muhaimin maka hak atas kepengurusan kemungkinan besar akan berpihak kepada PKB-nya Muhaimin. “Kami (kader PKB, red) masih menunggu hasil Kasasi, jika kasasi tersebut tetap menyebutkan Muhaimin sebagai pemenang maka konsekuensinya pasangan yang kami usung akan kehilangan dukungannya,” paparnya.

Kendati demikian imbuh Maman, kalaupun Muhaimin dimenangkan kasasi tersebut pihaknya tidak merasa tidak khawatir. Lantaran yang menandatangani surat keputusan atas nama Lulu Kaing juga Muhaimin yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris DPP. “Kita akan menerima apapun keputusan yang akan dikeluarkan Mahkamah Agung, dan menegaskan bagaimanapun PKB tetap satu siapapun ketuanya,” tandasnya.

Selang dua hari, Minggu (29/6) kemarin, di tempat terpisah Ketua Pokja Pencalonan Walikota Serang, H Aslach mengatakan, sampai saat ini KPU belum memutuskan partai mana yang akan diakomoir sebagai partai yang sah mengusung calon.

Pasalnya bukan hanya PKB saja yang memiliki dualisme kepengurusan. “Ada PKPI yang juga di pusatnya memiliki pengurusan ganda dan juga mendukung pasangan h Ade Muchkas-Juhaeni M Rais. Dan ini akan kita minta keterangannya kepada KPU Pusat,” bebernya.

Belum lagi sambung Aslach, dari Sembilan partai pengusung pasangan Raden Rai-Ubaydillah Kabier ada diantaranya partai yang memiliki surat keputusan ganda. Seperti Keputusan DPP PPDK yang keluar juga atas nama Lulu Kaking-Tb Ismetullah.

“Ini juga akan kita telusuri kebenarannya. Dan akan kita putuskan setelah ada jawaban dari Pusat dan DPP partai-partai bermasalah tersebut,” imbuhnya seraya mengatakan, pihaknya akan memverifikasi semua data tersebut sebelum diputuskan mana yang sah dan mana yang tidak.

Dipertegas oleh Ketua KPU Kabupaten Serang, Omo Sukatma saat dimintai tanggapannya, pihaknya akan menindaklanjuti adanya dualisme kepengurusan partai pengusung calon tersebut ketingkat DPP dan KPU Pusat.

“Nanti kan ada proses verifikasi, dalam proses itulah kita akan meminta keterangan-keterangan tentang partai-partai mana saja yang akan secara fakta dan hukum sah mengusung calon,” ujarnya.

Sumber KPU merencanakan, mulai hari ini hingga seminggu kedepan KPU Kabupaten Serang akan melakukan verifikasi berkas pencalonan para kandidat walikota dan wakil walikota Serang. (yus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: