Warga Miskin Cilegon, Serbu Kantor Pos

CILEGON – Memasuki hari terakhir tahap pertama pembagian dana bantuan langsung tunai (BLT) yang diberikan pemerintah pada program subsidi bahan bakar minyak (BBM), sejumlah warga mulai menyerbu PT Kantor Pos Indonesia Cabang Cilegon, kemarin.

Antrian warga yang akan mengambil BLT hingga beberapa ratus meter dari loket pembagian BLT, bahkan sejumlah petugas kepolisan dan komando rayon militer (Koramil) Kecamatan Cilegon dilibatkan untuk melakukan pengamanan.

Pada hari terakhir pembagian BLT ini, giliran Masyarakat Kecamatan Ciwandan dan Kecamatan Purwakarta  yang diberi jatah oleh PT Kantor Pos Indonesia Cabang Cilegon untuk melakukan pengambilan dana subsidi tersebut.

Sejumlah warga Kecamatan Ciwandan yang mendapat informasi adanya pembatasan waktu pengambilan dana BLT, langsung menyerbu PT Kantor Pos Cabang Cilegon. Alhasil, akibat adanya informasi palsu itu loket penggambilan BTL untuk kecamatanCiwadan mengalami antrian panjang.

Warga yang tidak sabar ingin mendapatkan BLT lantaran ketakutan akan kehabisan waktu, berusaha merangsek masuk kedalam loket yang disediakan PT Kantor Pos Cabang Cilegon. Aksi dorong mendorong sempat mewarnai proses pengambilan BLT, beruntung petugas PT Kantor pos dan Petugas Polsek Cilegon Kota serta petugas TNI AD Koramil Cilegon langsung melakukan pengamanan0.

Adanya salah informasi yang diterima oleh warga Kecamatan Ciwandan itu, dibenarkan oleh Kepala PT Kantor Pos Cabang Cilegon, Dodik Budiantono. Menurut Dodik, warga mendatangi kantor pos, mendapat informasi dari warga lainnya yang menyebutkan pengambilan BLT bagi warga Kecamatan Ciwandan dibatasi hanya dua jam oleh pihak Kantor pos Cilegon.

“Saya lakukan klarifikasi dan menjelaskan kepada mereka, bahwa untuk pengambilan dana BLT bisa dilakukan kapan saja, namun jangan sampai melebihi minggu pertama bulan Desember mendatang. Karena bila melakukan pengambilan lebih dari waktu tersebut, dana yang ada sudah dihanguskan oleh pemerintah pusat,”ujar Dodik.

Lebih lanjut Dodik mengatakan, untuk pencarian dana BLT tahun 2008 ini, PT Kantor Pos Cilegon mendapatkan kucuran dana sekitar 11,6 miliar rupiah. Dana tersebut dialokasikan untuk masyarakat di 8 Kecamatan di Kota Cilegon sebesar 6.27 miliar dan sisanya diberikan untuk empat kecamatan di Kabupaten serang yang berbatasan dengan Kota Cilegon seperti Kecamatan Anyer, Mancak, Bojonegara, dan Kecamatan Pulo Panjang.

“Untuk jumlah warga atau rumah tepat sasaran (RTS) penerima BLT tahun ini, setelah dilakukan verifikasi, data terbaru mengalami penurunan jumlah penerima dari 20.902 RTS menjadi 19.716 RTS,”ujarnya.

Dengan demikian dana yang disediakan oleh Pemerintah pusat untuk masyarakat Kota Cilegon mengalami penurunan. Sementara untuk RTS yang diganti dari data sebelumnya mencapai 1.186 orang, mereka terdapat di 28 kelurahan di enam kecamatan.

Sementara dua Kecamatan lainnya, seperti kecamatan Ciwandan dan Purwakarata tidak mengalami perubahan atau penggantian RTS. Dirubahnya RTS itu menurut Dodik, disebabkan adanya pertumbuhan penduduk di masing masing wilayah yang terus berkembang sehingga mempengaruhi sosiologi dan struktur masyarakatnya. (yus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: