Nama Kapolres Baru Dicatut Penipu

CILEGON, (FB).- Meminta Sumbangan Uang Untuk Keperluan Acara Pisah Sambut

Meski baru beberapa hari dilantik, nama Kapolres Cilegon, AKBP Dwi Gunawan langsung dicatut oknum tidak bertanggungjawab. Penipu tersebut mengatasnamakan kapolres untuk meminta sejumlah uang kepada Direksi sebuah Bank dan sejumlah pengusaha di Kota Cilegon untuk keperluan acara pisah sambut kapolres.

Menurut Kabag Bina Mitra Polres Cilegon, AKP. Ade Kusnadi, modus penipuan tersebut terungkap setelah pihak direksi sebuah Bank dan sejumlah pengusaha mendapat telepon dari seseorang yang mengaku kapolres Cilegon. Mereka berupaya mengkonfirmasi dan komplain ke Polres Cilegon.

“Beruntung para calon korban mengkonfirmasikan kepada kami setelah mendapatkan telepon dari seseorang yang mengatasnamakan Pak Dwi (Kapolres Cilegon-red). Mereka menanyakan apakah benar kapolres yang baru meminta sumbangan uang untuk keperluan pisah sambut,” kata Ade Kusnadi didampingi Kaur Bin Ops Satreskrim Polres CIlegon, Iptu Ahmad Rifal, kemarin.

Setelah dikooordinasikan, lanjut dia, Kapolres Cilegon, AKBP Dwi Gunawan yang sebelumnya bertugas sebagai Kapolres Lebak itu, mengaku tidak pernah meminta sumbangan apapun untuk keperluan pisah sambut Kapolres Cilegon. Ade mengaku yakin perbuatan criminal tersebut dilakukan oleh oknum yang ingin mengambil keuntungan dari situasi pergantian kapolres.

Dikatakan, seseorang yang mengaku sebagai kapolres itu meminta uang kepada salah satu direktur Bank dan meminta dikirimkan ke sebuah nomor rekening. Namun setelah dicek, katanya, alamat pemilik rekening tersebut berada di Kalimantan.

“Ini sudah jelas tindakan kriminal penipuan. Kami akan selidiki kasus ini dan memburu oknum yang sudah mengatasnamakan kapolres,” tegasnya, seraya mengatakan, pelaku kasus ini akan dijerat Pasal 372 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

Ade berharap masyarakat tidak mudah percaya apabila mendapat telepon yang mengatasnamakan pejabat atau anggota Polres Cilegon. Apabila ada masyarakat yang mendapat telepon itu, katanya, diharapkan segera melapor dan berkoordinasi dengan Polres Cilegon.

“Tidak sedikit penipu yang mengatasnamakan pejabat. Oleh karena itu, kami berharap masyarakat tidak mudah percaya jika mendapat telepon dari seseorang yang mengaku sebagai pejabat,” pintanya. (J-02)***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: