RSUD Cilegon Butuh Dana Rp 4 Miliar

Pengobatan Gratis Sudah Diberlakukan

CILEGON – Terhitung sejak Selasa (1/7) kemarin, program Pemerintah Kota Cilegon yakni, pengobatan gratis di puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) sudah diberlakukan. Adapun persyaratannya adalah warga hanya cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Program ini diperuntukan bagi warga atau penduduk Kota Cilegon.

Direktur RSUD Kota Cilegon di Panggung Rawi, dr Zainoel Arifin mengaku, dalam pertahun RSUD membutuhkan dana sebanyak Rp 4 miliar untuk merealisasikan program tersebut. Dana tersebut digunakan untuk perawatan dan pengobatan serta pelayanan. Kata dia, bagi pasien yang dirawat di RSUD, hanya gratis jika menjalankan perawatan di kelas III.

“Bagi masyarakat memang gratis, tapi bukan berarti RSUD tidak mendapatkan dana, akan tetapi nantinya pemeritah Kota Cilegon membayar seluruh biaya pengobatan gratis tersebut sesuai dengan kebutuhan pertahunnya. Dan saya perkirakan RSUD butuh Rp 4 miliar per tahunnya,” tegasnya.

Dijelaskannya, bagi pasien yang ingin gratis perawatan, maka akan dirawat diruang inap kelas III. Saat ini, kata dia, untuk kelas III RSUD memiliki 78 tempat tidur. Jumlah tersebut dinilai masih kurang. Maka dari itu, pihaknya kini berencana akan menambah ruangan kelas III yang diisi sebanyak 20 tempat tidur. “Kita akan tambah ruang kelas III lagi, dan kini sedang dalam proses perencanaan,” ujarnya.

Ketika ditanya soal kesiapan dan kendala saat memberikan pelayanan kepada masyarakat, menyusul penggratisan ini, ia mengatakan, belum ada reaksi apapun. Menurutnya, secara fisik dan pelayanan sudah siap, adapun kendalanya, ia mengaku belum menemukannya. “kita sudah siap segalanya, dan kita juga tidak akan menurunkan pelayanan meski gratis,” tukasnya.

Dari hasil pemantauan di RSUD, menyusul program pengobatan gratis ini, kondisinya tidak mengakibatkan lonjakan pasien (Membludak). Namun, dipastikan dalam waktu beberapa hari kedepan, RSUD pasti kebanjiran pelanggan atau pasien.

Kata Zaenoel, kondisi di RSUD saat ini seperti hari-hari sebelumnya. Namun hal ini bukan berarti kurangnya sosialisasi kepada masyarakat. “Dari awal, kami terus melakukan sosialisasi, kalau masalah kenapa tidak terjadi lonjakan, tanya saja ke pasiennya,” ujarnya.

Sementara itu, berbeda dengan kondisi RSUD yang tampak normal, di sejumlah Puskesmas yang berada di wilayah Kecamatan se-Kota Cilegon, terlihat antrian warga yang berbondong-bondong ingin melakukan pengobatan. Bahkan, untuk melayani semua masyarakat, tim medis sepertinya kewalahan. Namun, hal itu masih bisa diatasi dengan baik, dimana warga yang belum terobati masih datang kembali di hari-hari berikutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, dr Suleman mengatakan, sosialisasi yang dilakukan sebelumnya, ternyata mendapat respon yang cukup kuat. Terbukti, hari pertama program tersebut, pasien di 8 puskesmas se-Kota Cilegon membludak.

“Saya justru sangat haru sekali ketika melihat masyarakat yang begitu antosias melakukan pengobatan. Hal ini seperti sebuah keinginan yang terpendam dari masyarakat yang membutuhkan pengobatan kala sedang sakit. Ketisa saya pantau di beberapa Puskesmas, masyarakat tumplek,” tukasnya.

Ditambahkannya, kepada masyarakat dihimbau agar segera membuat KTP dan KK jika memang belum memilikinya. Pasalnya, salah satu persyaratan mutlak adalah dua kartu pengenal dan bukti warga Kota Cilegon. Kata dia, puskesmas tidak akan melayani masyarakat yang tidak memiliki KTP dan KK.

“Ketika saya memantau di Puskesmas Pulo Merak, ternyata banyak masyarakat yang tidak membawa KTP dan KK. Sehingga, pihak puskesmas tidak melayaninya. Jadi kepada masyarakat tolong lengkapi persyaratan jika ingin mendapatkan pengobatan gratis, dan masyarakat jangan khawatir tidak terperiksa dokter, karena hari-hari berikutnya masih bisa datang ke puskesmas tanpa mengeluarkan biaya apapun,” ujarnya. (yus)

One Response

  1. RSUD PANGGUNG RAWI PELAYANANNYA SANGAT BURUK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: