Polantas Gagalkan Pencurian Sepeda Motor

 CILEGON, (FB).-Dua anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cilegon yakni Aiptu Mugiyono dan Bripda Toni Sugianto berhasil menggagalkan upaya pencurian sepeda motor (curanmor) di wilayah Kota Cilegon. Polisi yang sedang melaksanakan pengaturan lalu lintas itu berhasil menyergap tersangka yang hendak membawa kabur motor milik warga Merak di sekitar Jalan Protokol Kota Cilegon.

Tersangka curanmor yang ditangkap tersebut adalah Rohman alias Japuk (21), warga Kp. Cisekeut, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang. Dia langsung diserahkan ke KA SPK Polres Cilegon, selanjutnya ditangani Tim Penyidik Unit III Satreskrim Polres Cilegon.

Keterangan yang berhasil dihimpun Fajar Banten, penangkapan terhadap tersangka pencurian sepeda motor tersebut dilakukan saat dua anggota Satlantas tersebut sedang melaksanakan dinas rutin, mengatur arus lalu lintas di sekitar jalur protokol Kota Cilegon, tepatnya di depan Edi Toserba, sekitar Pukul 19.00 WIB. Beberapa saat kemudian, salah seorang anggota Satlantas lainnya yakni Bripda Toni Sugianto menginformasikan melalui pesawat Kachina (Handy Talky), bahwa ada kendaraan yang tidak menggunakan helm.

Atas informasi tersebut, Aiptu Mugiyono yang sedang melakukan pengaturan arus lalu lintas menghadang pengemudi berboncengan yang tidak menggunakan helm tersebut. Namun, ketika diberhentikan, seorang yang berada di belakang lompat dan melarikan diri ke arah Bank Mandiri. Sementara pengemudinya digiring ke pinggir jalan. Ketika itu, Aiptu Mugiyono mempertanyakan kelengkapan surat-surat kendaraan. Namun rupanya pengemudi tersebut tidak memiliki surat-surat kendaraan.

Setelah itu, salah seorang petugas yang tengah berada di sekitar lokasi, yakni Bripda Toni Sugianto melakukan tindakan pelanggaran (tilang) terhadap pengemudi tersebut. Sewaktu dilakukan penilangan, pengemudi tersebut berlaku mencurigakan. Oleh karena itu, petugas pun menggeledah tubuh pengemudi tersebut. Saat digeledah, petugas menemukan satu buah handphone dan kunci letter T dari dalam saku celana pengemudi tersebut. Begitu juga setelah petugas memeriksa tas yang dibawa pengemudi tersebut, terdapat dua buah golok dan satu buah pahat.

Beberapa saat kemudian, Aiptu Mugiyono yang mendengar ada informasi bahwa telah terjadi pencurian sepeda motor di daerah Merak. Berdasarkan informasi yang diterima, sepeda motor yang dicuri itu berjenis sama dan bernopol sama dengan sepeda motor yang dibawa pengendara yang tengah ditilang.

Setelah yakin pengemudi tersebut adalah tersangka pencurian sepeda motor, Aiptu Mugiyono langsung meminta bantuan Bripka Asep Erih Rohmat yang sedang melakukan pengaturan lalu lintas di Simpang Tiga, untuk menghubungi Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian (KA SPK) Polres Cilegon untuk menuju lokasi. Selanjut KA SPK dengan petugas Satreskrim mendatangi lokasi dan mengamankan pengendara tersebut berikut barang bukti ke Mako Polres Cilegon. Tersangka langsung menjalani pemeriksaan.

Kaur Bin Ops Satreskrim Polres Cilegon, Iptu Ahmad Rifal, membenarkan adanya penangkapan tersangka curanmor tersebut. Tersangka tengah menjalani pemeriksaan, sedangkan salah seorang yang diduga rekan tersangka yang melarikan diri, kini sedang dalam pengejaran petugas. “Tersangka dijerat Pasal 363 dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara,” kata Iptu Rifal.

Penghargaan

Sementara itu, pada pelaksanaan HUT Ke-62 Bhayangkara di Polres Cilegon, dua anggota Satlantas Polres Cilegon tersebut (Aiptu Mugiyono dan Bripda Toni Sugianto), menerima penghargaan Kapolres Cilegon. Penghargaan dan piagam diserahkan dalam upacara HUT Bhayangkara oleh Wakapolres Cilegon, Kompol Hengki, S. Ik. (J-02)***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: