PNP Titipan Menkeu Harus Dihapus

Mengganggu Efektifitas Kantor Karantina

CILEGON – Pungutan Bukan Pajak (PNP) yang merupakan “titipan” kementrian keuangan di Kantor Karantina Hewan dan Kantor Karantina Tumbuhan (sekarang Balai Karantina Pertanian, red) Cilegon, ternyata menjadi salah satu kendala importir enggan memeriksakan produk bawaannya ke Kantor Karantina. Hal itu dikemukakan Kepala Badan Karantina Hewan, Departemen Pertanian, Syukur Irwanto, kemarin.

Karena itu, lanjutnya, pihaknya melalui menteri pertanian sudah mengirimkan surat ke kementrian keuangan agar mencabut pungutan bukan pajak yang selama ini dibebankan kepada importir baik hewan maupun tumbuhan.

“Sejauh ini dari Karantina Hewan masuk ke kas negara Ri 1 M dari PNP itu. Dari Karantina tumbuhan mencapai Rp 700-800 juta per tahun,” ungkap Syukur.

Syukur menyatakan bahwa keengganan importir memeriksakan produk bawaannya memang karena banyak hal. Salah satunya karena mereka “ogah” membayar PNP yang hitungannya bervariasi.

“Kalau hewan potong PNP nya perkilo, kalau hewan jidup itu per ekor. Nilainya saya tidak hapal secara pasti, tapi itu memang ada. Karena itu kami mengusulkan agar itu dihapus, karena akan mengganggu kerja karantina,” tuturnya.

Terkait dengan pemeriksaan baik hewan dan tumbuhan, lanjutnya, sama sekali tidak ada biayanya. Pemilik barang tinggal meminta ke Kantor Karantina untuk memeriksakan produknya. “Kerja kami memang untuk itu. Kami digaji untuk melakukan pemeriksaan itu. Kecuali ada pemeriksaan laboratoriun, itu pasti ada biayanya,” tandasnya.

Selama ini, selain importir yang tidak memiliki dokumen resmi atas hewan atau tumbuhan yang dibawanya, mereka yang secara sah membawa barang itu juga takut untuk datang ke Kantor Karantina. “Ya karena itu tadi, tidak mau bayar PNP atau tidak ada dana untuk itu,” pungkasnya. (yus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: