Di Luar Temuan BPK – Masih Banyak Penyimpangan Di Pemprov Banten

SERANG – Anggota Komisi II DPRD Banten, Sutje Suwartini, Minggu (6/7) mengatakan bahwa sebenarnya masih banyak penyimpangan-penyimpangan dalam pelaksanaan kegiatan di Pemprov Banten selain penyimpangan yang menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam Laporan Hasil Pemeriksaannya (LHP).

Pasalnya, menurut Anggota Fraksi PDI P ini, BPK melakukan pemeriksaan itu hanya menggunakan sample dari beberapa kegiatan saja, sehingga tidak seluruh kegiatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Banten dilakukan pemeriksaan.

“Temuan yang terungkap pun hanya pada beberapa SKPD saja, bahkan pada Dinas Penidikan dan Kesehatan sepertinya tidak ada satupun temuan,” katanya.

Padahal menurutnya, selain kedua dinas itu memperoleh anggaran yang cukup besar dari APBD Banten, juga rawan terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya.

Ia mencontohkan, proyek Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) pada APBD 2007 yang nilainya mencapai puluhan miliar tetapi dalam pelaksanaannya banyak dipertanyakan belum menjadi temuan BPK. “Sampai saat ini proyek itu banyak yang belum selesai, terutama pengadaan alat-alat kesehatannya yang anggarannya satu paket dengan pembangunan fisiknya,” katanya.

Setidaknya menurutnya, untuk satu Poskesdes terdapat 40 jenis alat kesehatan. Namun sampai saat ini masih ada Poskesdes yang belum mendapatkannya. “Untuk di Kabupaten Serang saja, ada beberapa Poskesdes yang belum mendapatkan aliran listrik, padahal anggarannya juga satu paket dengan fisiknya. Ada juga yang belum mendapatkan mebeler dan pompa air,” ungkapnya.

Menurutnya, di Kecamatan Pamarayan persoalan lahan yang digunakan pembangunan Poskesdes masih bermasalah, karena lahan yang digunakan itu milik masyarakat dan sampai saat ini belum mendapatkan ganti ruginya.

“Sebenarnya tujuan pembangunan Poskesdes itu sangat bagus karena bisa mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, tetapi karena pelaksanaannya yang tidak maksimal, akhirnya sebagian besar belum bisa digunakan, bahkan tidak siap untuk digunakan,” katanya. (yus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: