Jalur Akses Tol Cikuasa Merak Jadi Pembungan Sampah dan WC Umum

MERAK – Ada yang menarik dari terjadinya kemacetan lalulintas di sekitar kawasan merak akibat peningkatan volume kendaraan yang terjadi selama sepekan ini. Ratusan bahkan ribuan truk yang berisikan sopir dan  penumpang yang akan menuju pelabuhan untuk melakukan penyebrangan dan terjebak dalam kemacetan antrian kendaraan, menyisakan gundukan sampah sisa sisa bungkus makanan yang mereka buang disekitar bahu jalan.

Lamanya waktu yang harus dilewati saat terjebak dalam antrian kendaraan, membuat para penumpang kendaraan truk harus berlama lama berada dan menunggu diatas kendaraan untuk dapat masuk ke pelabuhan Merak.

Kondisi itu, tak pelak membuat mereka merasa lapar dan haus yang harus segera diobati agar tidak mengalami dehidrasi atau masuk angin. Namun akibat mengkonsumi makanan dan minuman, reaksi lain akan timbul seperti ingin buang air besar atau air kecil.

Bila sudah menghadapi situasi yang lazim itu, akhirnya mereka terpaksa mencari tempat untuk membuang hajat menghilangkan tuntutan alam tersebut. Namun, dikarenakan di sekitar jalur akses tol Cikuasa Merak tidak tersedia WC umum, dengan sangat terpaksa akhirnya memanfaatkan lahan sekitarnya untuk dijadikan sebagai tempat buang hajat.

Pemandangan orang yang nongkrong  tidak jauh dari dipinggir jalan untuk buang hajat itu, sudah seminggu ini menghiasi pemandangan di jalur akses tol Cikuasa Merak terutama pada saat pagi hari atau sore.

Namun bagi yang beruntung, para penumpang kendaraan truk itu dapat memanfaatkan WC umum yang tersedia di rumah makan dadakan yang ada disekitar jalur tersebut. Itupun harus berebut dengan penumpang lainnya yang akan buang hajat.

Namun bagi yang tidak beruntung, terpaksa harus bersedia buang hajat disekitar lahan kosong yang ada di jalur akses tol Cikuasa Merak. Situasi penumpukan dan antrian kendaraan truk di sekitar kawasan akes tol Cikuasa Merak sejak sepekan terakhir ini, juga menyisakan tumpukan sampah yang dibuang oleh para penumpang truk saat antri menunggu giliran masuk pelabuhan.

Akibatnya, sepanjang jalur bahu jalan dipenuhi tumpukan sampah yang menghiasi hitamnya aspal dan membuat pemandangan tidak indah. Bila sudah seperti ini, giliran Dinas Kebersihan Kota Cilegon yang kena pulung lantaran harus membersihkan tumpukan sampah yang ditinggalkan oleh para penumpang. (yus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: