Pungli Berkedok Pos Portable Berjalan Aman

CILEGON – Mayoritas pos pemungutan retribusi di beberapa wilayah Propinsi Banten disinyalir hanya merupakan kedok dan yang sebenarnya merupakan pos pungutan liar (pungli) yang dilakukan oknum petugas berseragam Dinas Perhubungan dan Telekomunikasi (Dishubtel).

“Pos pungutan angkutan tersebut kebanyakan tidak tercatat di dishub,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengawasan dan Pengamanan Jalan Dishubtel, Senin (7/7).

Tobing mengatakan, Dishubtel mencatat hampir sekitar sekitar 90 persen pos pungutan retribusi Portable kendaraan barang merupakan pungli, atau hanya 10 pos yang resmi terdaftar pada dinas terkait.

Sebanyak 10 pos retribusi resmi terdiri tujuh pos utama dan tiga pos cabang yang tersebar. Pos cabang resmi berlokasi di daerah Cadas terdapat dua pos, Kecamatan Curug (dua pos), Dadap (tiga pos) dan Balaraja (satu pos), sedangkan pos utama resmi di Kecamatan Cisauk, Bitung, Caringin.

Kepala Dishubtel Kota Cilegon, mengatakan, pungutan yang tidak tercatat di dinas terkait termasuk menyalahi aturan. Sugandi menuturkan, keberadaan  pos cabang tersebut kebanyakan di wilayah ruas jalan yang padat kendaraan dan terdapat di antara pos utama.

Dia juga mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan petugas untuk memantau kegiatan pungli tersebut dan hasil pantauan tersebut akan diserahkan kepada pihak berwajib karena petugas kepolisian yang memiliki wewenang untuk menindak oknum yang melakukan pungli.

Sebelumnya, di ruas jalan sekitar Perumahan Taman Cilegon Indah dan Samangraya Cilegon rawan praktik pungli terhadap kendaraan truk pengangkut pasir dan lainnya yang dilakukan oknum petugas yang mengenakan seragam dinas perhubungan (dishub).
“Sejumlah petugas yang menggunakan seragam dishub menekan para sopir untuk mengambil uang pungutan,” kata salah satu pengemudi truk pengangkut batu yang menolak disebutkan nopol kendaraan dan namanya, demi menjaga keamanannya. (yus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: