BOS Di Banten Dikucurkan Pada Triwulan III Tahun Ini

SERANG – Dinas Pendidikan (Dindik) Banten, baru akan mengucurkanm dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kepada sekolah-sekolah yang ada di kabupaten/kota se-Banten pada tri wulan ketiga tahun ini. Langkah ini ambil agar dana BOS dari pemerintah pusat, tepat sasaran.

Menurut Kepala Dindik Provinsi Banten, Eko E Koswara, dana BOS baru akan didistribusikan setelah adanya validasi data dari kabupaten/kota. “Kenapa BOS tahun ini baru akan disampaikan pada tri wulan, karena menunggu data penerimaan siswa baru (PSB,red), jadi harus dilakukan pendataan kembali supaya sasaran lebih valid,” kata Eko, Selasa (8/7).

Diungkapkan oleh Eko, saat ini validasi data yang diperlukan adalah untuk siswa sekolah kelas 1. “Data pasti penereima dana BOS tengah kami selesaikan sampai dengan PSB selesai, karena untuk valiadasi PSB kelas 1 masih berlangsung,” ujarnya.

Secara terpisah Pusat Telaah Informasi (Patiro) Provinsi Banten, meminta kepada Dindik Banten untuk cermat dan melakukan evaluasi terhadap distribusi dana BOS ke sekolah-sekolah. “Berdasarakan hasil evaluasi kami, dibeberapa sekolah di Kabupaten Serang, dana BOS ini tidak efektif,” kata salah satu Pegiat Patiro Banten, Agus Salim

selama ini katatnya, BOS yang diperuntukan penggunaan tidak jelas, sebab kendati SPP dibebaskan alias digartiskan, namun pungutan-pungutan sekolah masih terus terjadi.

Bahkan terang Agus, pungutan yang diambil oleh pihak sekolah melalui orang tua wali murid, nilainya cukup besar, sehingag wali murid berpendapat dana BOS tidak ada pengaruhnya terhadap biaya pendidikan di Banten. “Selama ini tidak ada transparansi dalam pengelolaan dana BOS baik oleh sekolah maupun Dindik Banten, mestinya semua pihak melalui sekolah menginformasikan penggunaan BOS yang telah diterimanya dari pemerintah pusat,” terangnya.

Untuk itu, sebelum adanya kesalahan dalam peruntukan dana BOS ia meminta Dindik Banten untuk melaukan evaluasi terhadapa penerimaan BOS tahun lalu dan akan datang., “Jadi sebelum didistribusikan kepada sekolah, hendaknya evaluasi penggunaan itu dilakukan , karena tanpa adanya evaluasi capaian penggunaan dana tidak dapat diketahui manfaatnya,” ungkapnya. (yus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: