Polres Cilegon Persempit Ruang Gerak Teroris Palembang

MERAK – Kepolisian Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Merak dibantu personil Polres Cilegon, terus menggiatkan operasi pekat krakatau di kawasan Pelabuhan Penyeberangan Merak, Cilegon, Banten. Dalam razia yang digelar Senin malam (7/7), untuk mempersempit ruang gerak kawanan teroris Palembang dan jaringan lainnya.
   
Diketahui sebelumnya, sedikitnya sepuluh tersangka teroris telah dibekuk aparat kepolisian pada 28 Juni dan 1 Juli lalu di kota Palembang. Mereka ternyata terhubung dengan jaringan teroris Nurdin M Top. Selain itu, teroris Palembang itu juga memiliki hubungan dengan teroris bernama Slamet Kastari. Anggota Jamaah Islamiyah yang kabur dari penjara di Singapura itu, kini masih buron.

Sebagai jalur lintas antar pulau, Pelabuhan Merak dikategorikan rawan dijadikan perlintasan kawanan teroris. Pelabuhan yang dimaksud, kini menjadi salah satu titik yang perlu diamankan dan diawasi aparat kepolisian setempat dari pelarian para teroris.
   
Sementara dalam pelaksanaan rajia malam itu, yang dinamakan operasi pekat krakatau di Merak, dan rutin digelar,  dipimpin langsung oleh Kapolres Cilegon, AKBP Dwi Gunawan didampingi Waka Polres Kompol Hengki. Rajia mulai digelar pada pukul 22.00 dan berakhir pada pukul 02.00, Selasa dini hari kemarin.

Kapolres Cilegon, AKBP Dwi Gunawan mengatakan, sesuai intruksi dari Polda Banten, bahwa Pelabuhan Merak menjadi salah satu titik perlintasan orang maupun kendaraan yang perlu diawasi. Maka dari itu, untuk mepersempit pergeraka teroris, secara rutin rajia akan terus digelar dalam waktu-waktu yang telah dijadwalkan.

“Selain teroris, rajia ini juga berkaitan dengan peradaran narkoba jenis Ganja dan Ektasi maupun sejenisnya. Pelabuhan Merak tergolong pelabuhan terpadat dan tersibuk, jadi tingkat kemungkinan tindak krimanal akan tinggi, jadi perlu pengawasan ekstra ketat,” tegasnya.

Kata dia, saat ini polisi belum menyebarkan gambar-gambar orang yang tergabung dalam teroris Palembang dan teroris berkelas seperti, Noordin M Top dan Kastari. Akan tetapi, seluruh anggota polri sudah diberikan buku petunjuk atau ciri-ciri teroris yang maksud.

“Kami belum ada intruksi pemasangan gambar teroris, tapi anggota kami sudah memiliki buku pedoman dan ciri-ciri teroris yang sedang dalam pengejaran,” ujarnya.

Dalam rajia ini, Polres Cilegon mengerahkan personil sebanyak 2 pleton Dalmas atau sekitar 60 personil. Selain itu, petugas KPPP Merak yang jumlahnya sekitar puluhan orang, juga tampak berjaga-jaga dan terus mengawasi setiap sudut di Pelabuhan Merak.  

Lebih lanjut Dwi Gunawan menjelaskan, rajia dilakukan dengan cara menggeledah setiap kendaraan truk maupun pribadi yang masuk dan keluar dari kawasan pelabuhan (Merak-Bakauhueni atau sebaliknya). Selain itu, petugas lainnya melakukan penyisir sejumlah lokasi peristirahatan dan loket pembelian tiket di pelabuhan tersebut.

Meski sasaran teroris dan narkoba nihil, tetapi, Polisi berhasil mengamankan beberapa tindak kriminal. Seperti, warga yang kedapatan membawa senjata tajam bernama Khajin Luanjin selaku pengurus truk (Petruk) di Merak. Senapan angin ditemukan dalam sebuah mobil feroza A 1126 BL, lalu polisi menggagalkan pengiriman puluhan hewan burung dan musang yang tidak dilengkapi dokumen kesehatan. Hewan tersebut sudah diserahkan kepada Balai Karantina Pertanian Cilegon.
   
“Kami akan terus melakukan rajia ini seraca rutin, meski tidak ada satu pun teroris maupun peredaran narkoba, namun kegiatan ini juga merupakan pengawasan terhadap tindak kriminal lainnya. Alhasil kita sempat mengamankan beberapa pelanggaran aturan,”ujar Dwi. (yus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: