Pantau Pungli Di Pelabuhan Merak, Wakapolda Sebar anggota Satuan Intel

CILEGON – Kemacetan di jalur menuju Pelabuhan Merak yang kerap dimanfaatkan oknum petugas untuk melakukan pungutan liar (Pungli), mendapat sorotan tajam dari Kepolisian Daerah (Polda) Banten. Oleh sebab itu, Polda akan mengerahkan anggota dari satuan intel untuk mengawasi kemacetan di Merak.

Demikian ditegaskan Waka Polda Banten, Kombes Pudji Hartanto disela-sela acara Rakor pembahasan kemacetan di Merak yang digelar di Markas Polres Cilegon, Jumat (11/7).
Turut hadir pula, sejumlah petinggi PT ASDP Cabang Utama Merak, PJR Polda Banten, PJR Mabes Polri, Dishub Kota Cilegon, jajaran Polda Banten dan Porles Cilegon serta petugas dari Kantor Administrator Pelabuhan (Adpel) Kelas I Banten.

“Memang sudah terdengar bahwa pungli di Merak sangat marak. Untuk itu, saya meminta kepada anggota polri setempat untuk menindak tegas oknum-oknum pungli tersebut. Dan dari polda Banten, kami sudah menerjunkan tim dari satuan Intel untuk mengawasi dan menciduk oknum tersebut,”tegas Pudji.

Disinggung pula masalah keterlibatan oknum anggota polri dalam aksi pungli tersebut, secara tegas Pudji menginstruksikan anggotanya untuk memberantas aksi pungutan liar (pungli) yang dilakukan oknum di Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Hal itu, kata dia, sesuai dengan perintah presiden, siapapun yang melakukan pungli harus ditangkap dan ditindak. Karenanya, seluruh anggota yang sudah melaksanakan tugas dengan baik diharapkan tidak melakukan pungli yang dapat merusak nama baik Polri.

“Sudah banyak informasi yang masuk, untuk itu siapapun pelakunya akan kami tindak,”tegasnya lagi.

Ditemui ditempat yang sama, Kapolres Cilegon, AKBP Dwi Gunawan mendukung langkah Polda Banten yang sangat memperhatikan kondisi di Pelabuhan Merak. Ia juga akan mengerahkan anggotanya untuk memberantas tindakan pungli di Pelabuhan Merak.

“Kami sangat  mendukung sekali, dan tindakan itu memang sudah harus dilakukan, mengingat penyakit masyarakat itu semakin mengakar dan harus dibersihkan,” tukasnya.

Menanggapi pernyatan Wakapolda Banten, Kombes Pudji Hartanto, yang akan mengerahkan anggota dari satuan intel untuk mengawasi kemacetan di merak yang kerap dimanfaatkan oknum petugas untuk melakukan pungli, disambut gembira warga Merak, terutama para pengusaha yang bergerak di perusahaan ekspedisi.

“Semoga pernyataan Wakapolda Banten menjadi kenyataan, dan bukan hanya sebuah dagelan saja, alias pepesan kosong,”ujar salah seorang warga yang minta tidak disebutkan namanya, demi keamanan dirinya.

Menurut warga itu, dalam pengamatannya selama keberadaan pelabuhan penyeberangan kapal ferry merak, yang namanya aksi pungli bukan merupakan hal yang aneh bagi dirinya.”Kalau berbicara pungutan liar, hanya orang buta yang tidak tahu. Namun, sejak beberapa pekan ini, aksi pungutan tanpa menggunakan retribusi hanya dilakukan oleh pihak Inviniti di lahan parkir sekitar dermaga IV. (yus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: