Ratusan Warga Demo MTs Pulomerak

CILEGON – MTsN Pulomerak, yang berlokasi di Kelurahan Gerem, Grogol Cilegon, disatroni ratusan warga, senin (14/7). Warga yang notebene adalah wali murid sekolah tersebut berbondong-bondong datang untuk mendemo Kepala Sekolah MTsN Pulomerak, Supyani. Warga meminta Kepsek agar mundur dari jabatannya karena kebijakan sekolah yang dibuatnya dinilai tidak berpihak kepada rakyat.

Ratusan massa yang terdiri dari Ibu-ibu, Bapak-bapak, dan siswa-siswi sekolah itu datang ke MTsN Pulomerak sekitar pukul 08.30. mereka datang dengan berjalan kaki sambil membawa spanduk dan poster-poster aspirasi dan tuntutan.

Kedatangan massa , mendapat penjagaan ketat puluhan petugas Dalmas Polsek Pulomerak. Massa diperbolehkan berorasi didepan pintu pagar sekolah. Sementara, empat perwakilan warga dipersilahkan masuk ke ruang Kepsek Supyani untuk melakukan perundingan.

Dalam ruangan tersebut, H Haerudin Gojali salah seorang warga mengatakan, peraturan yang ada di MTsN Pulomerak terlalu ketat. Haerudin komplain dengan peraturan yang sekolah yang mewajibkan pembayaran adminsitrasi masuk sekolah tahun ajaran baru 2008/2009 sebesar Rp 750 ribu secara kontan. Mereka juga meminta tarif biaya masuk sekolah diturunkan.

“Apa nggak ada kebijakannya Pak. Massak hanya karena kurang Rp 50 ribu anak saya disuruh pulang. Ini kan kelewatan namanya. Seharusnya ada kebijakan boleh dicicil. Perlu diketahui Pak, ayahnya merupakan salah satu tokoh masyarakat Gerem yang menghibahkan tanahya untuk pembanguan MTs ini. Dengan harapan dapat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat. Tapi kenapa jadinya malah seperti ini,” tuturnya.

Selain masalah pembayaran administrasi, warga juga tidak sepakat dengan aturan yang mengharuskan siswa membeli seragam sekolah di koperasi sekolah. “Pola ini harus dirubah. Kalau ada siswa yang sudah punya baju ya nggak perlu beli lagi dong. Masyarakat Gerem ini nggak semuanya mampu. Jadi kita tidak ingin ada paksaan,” tegas Nasir Hamdani, warga lainya.

Sementara rekan Nasir dan Haerudin, Junaedi HK mengaku kecewa dengan sikap sekolah yang tidak menonaktifkan lagi 12 guru honor yang berasal dari Gerem. Oleh sebab itu, mereka mendesak agar Kepsek mundur dari jabatannya.

Menanggapi hal itu, Kepsek Supyani mengatakan, soal biaya administrasi siswa baru dan penjualan seragam sekolah dirinya tidak tahu menahu karena semua urusannya diserahkan sepenuhnya kepada dewan guru. “Saya nggak tahu, ini semua yang urus bawahan saya. Namun bisa kita carikan solusinya,”jawabnya, ketika menerima empat orang perwakilan massa .

Setelah melewati perundingan yang cukup alot tiga tuntutan yang diajukan warga disepakati. Yakni soal administrasi sekolah bisa dicicil, seragam sekolah bisa dibeli dari luar. Sementara, 12 guru honor akan dicarikan jam pelajaran yang kosong.

Soal desakan agar Kepsek mundur, Kasi Madrasah dan Pendidikan Agama Islam, Departemen Agama (Depag) Cilegon, Isomudin yang hadir dalam kesempatan itu berjanji akan membahasnya selama dua minggu.

Kata Isomudin, soal jam beajar guru itu diatur dalam Undang-Undang nomor 14/2005 pasal 35 ayat 2 tentang Guru dan Dosen. Dalam peraturan itu disebutkan kalau kegiatan tatap muka belajar mengajar guru maksimal 24 jam dalam seminggu. Hal itu diperkuat dengan Kepmendiknas Nomor 24/2007 dan Permendiknas nomor 36/2007 tentang standar proses beajar mengajar.

“Makanya perlu dicarikan dulu jam kosong agar 12 guru itu bisa kembali mengaar. Sebab, aturannya begitu, kita delematis sekali sementara kita juga harus menjalankan aturan,” tandasnya.

Meski sudah dijelaskan oleh rekan-rekannya soal hasil perundingan, namun massa yang berada diluar gedung sekolah tetap ngotot meminta Kepsek mundur dan pindah dari sekolah itu.“Nggak bisa secepat itu. Harus ada porses. Beri kami waktu paling  lambat dua minggu,” ujar Isomudin. Puas melampiaskan aspirasinya, massa membubarkan diri dengan tertib. (yus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: