Kapal Ferry Milik Pemkot Kandas Di Pulau Merak

Ratusan penumpang sempat panik

MERAK – Kapal Roll on roll off (Roro) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon bernama KMP Mentari Nusantara, kandas di Pulau Merak Besar perairan Merak, Senin (14/7). Kapal yang berpenumpang berkisar 80 orang dan puluhan kendaraan itu, kandas akibat terseret arus saat akan sandar di dermaga tiga pelabuhan Merak.

Keterangan yang dihimpun dilapangan, kapal milik Pemkot yang dikelola oleh PT Jembatan Madura (JM) Ferry dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yakni, Perusahaan Daerah (PD) Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM), sempat membuat penumpang panik.

Ketika itu, kapal Mentari Nusantara yang tiba di perairan Merak dari Pelabuhan Bakauhueni pukul 09.00 WIB, namun tepatnya di sekitar perairan Pulau Merak Besar, bagian bawah kapal yang akan sandar di dermaga 3 itu tersangkut karang. Kemudian, karena arus diperairan tersebut cukup kuat, kapal tersebut pada akhirnya terseret arus hingga menyentuh pasir di pesisir pulau yang dimaksud.

“Kira-kira setengah jam kapal tersebut kandas, karena setelah itu, tanpa ada penarikan oleh kapal batuan, KMP Mentari bisa bergeser dengan sendirinya dan sandar di dermaga tiga sekitar jam sepuluhan, lalu melakukan bongkar muatan,” kata Faisal, salah seorang warga di Pelabuhan Merak.

Kepala Cabang PT JM Ferry Merak, Suarno saat dikonfirmasi membenarkan kecelakaan kapal milik Pemkot yang dikelola oleh perusahaannya itu. Menurutnya, KMP Mentari Nusantara kandas disebabkan karena harus berhenti sebelum memasuki dermaga, padahal arus diperairan tersebut cukup kuat. Alasan kapalnya harus berhenti dulu, karena di dermaga yang hendak disandari masih terdapat kapal yang masih melakukan muat penumpang.

“Pada saat akan sandar, saya diperitahkan PT ASDP, agar KMP Mentari berhenti dulu atau jangan masuk dulu ke dermaga, karena di dermaga tiga itu masih ada kapal yang sedang melakukan muat penumpang dan kendaraan. Jadi karena terlalu lama menunggu, kapal itu terseret arus dan kandas di pasir,” kata Suarno.

Kini, KMP Mentari Nusantara terpaksa tidak dapat dioperasikan dulu, karena harus menjalani pemeriksaan dari Kantor Administrator Pelabuhan (Adpel) Kelas I Banten di Merak. Kata Suarno, ketika enker (Istirahat) akan dilakukan pemeriksaan bawah kapal dengan cara penyelaman.

“Khawatir ada benturan pada bagian bawah kapal, jadi perlu ada pemeriksaan dengan cara menyelam. Tentunya, untuk beberapa hari kedepan kapal ini tidak bisa beroperasi dulu hingga dinyatakan laik laut oleh Adpel,” tukasnya.
 
Terpisah, Kepala Bidang Kesyahbandaran Adpel Kelas I Banten, Sarwo Sutiotomo mengaku belum mendapat laporan tentang hal itu. Menurutnya, sekecil apapun kecelakaan terhadap kapal, agen kapal harus memberitahukannya kepada Adpel. “Saya belum tahu itu, nanti saya akan cek dulu, kok nggak ada laporannya yah,” ujarnya kaget. (yus)

6 Responses

  1. salam buat capten rahmat dan capten untung ,bukanya kapal tersebut milik jm ferry sanggat nyaman sebagai kapal sekelas roroll cuma sarana pelabuhan merak yg kurang tertata dari segi radio komonikasi kurang bagus di respon nya ,mohon di buatkan reapeter di antara merak bakauheni supaya lancar komonikasinya antara crews kapal dan syah bandar terkait ,kadang ada kapal yang waktu loding habis masih belum brangkat sedangkan dari arah sebaliknya sudah berangkat yaaa,,gitu dech kacau…

  2. bisa juga tuh bapak kepala pelabuhan merak/bakauheni inspeksi langsung buat buletin harian …nih musim lagi kacau lhoooo..salam buat crew kapal cluster nusantara ,titian murni,dll
    bravo safety

  3. Greetings! I’m from the Philippines and I’m intrigued by the photos you have in this article. She seems to be familiar to me, the ship I love when I was a kid. May I ask the route of this ship and probably the operator? Thank you in advanced for responding.

    • the route is from Merak Harbour (Banten, Java island) to Bakauheni Harbour (Lampung,Sumatera Island) , Indonesia. Merak harbour only 2 hour from jakarta using public transportation.

  4. Bisa minta alamat emailnya PT Jembatan Madura?

  5. Maaf, saya minta email address-nya, trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: