KKM dimata mahasiswa teknik

Tahun ini (2008) secara resmi Fakultas Teknik UNTIRTA ikut berprastisipasi dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM). Memang pada tahun 2007 ada beberapa mahasiswa Teknik yang telah mengikuti KKM, tapi belum diwajibkan dan merupakan kewajiban masing-masing jurusan. Untuk teknik Kimia sendiri, baru diwajibkan pada tahun ini sesuai dengan keputusan rektor yang isinya KKM bagi fakultas teknik mulai diwajibkan untuk angkatan 2005.

Pada tahun-tahun sebelumnya memang ada penolakan dari mahasiswa teknik tentang pelaksanaan KKM. “KKM memberatkan bagi mahasiswa teknik, apalagi kita sudah dibebankan untuk kerja praktek (KP) di industri. KKM hanya buang-buang uang dan waktu saja, padahal kebanyakan mahasiswa tidak melakukan apa-apa di tempat KKM, paling hanya Bakti sosial…” Ungkap salah satu senior fakultas teknik yang gencar menolak pelaksanaan KKM di teknik beberapa tahun lalu. Untuk itulah seperti pada tahun 2007, pada tahun 2008 ini pelaksanaan KKM untirta bertajuk KKM Tematik Konstektual, dimana masing-masing kelompok KKM harus melaksanakan program kerja sesuai dengan  empat tema utama yang dianjurkan universitas, yaitu Pendidikan, Good Goverment, Pertanian dan Perekonomian.

Pelaksanaan KKM 2008 yang berlangsung mulai tanggal 7 juli sampai 7 agustus 2008, dilaksanakan di semua kecamatan yang ada di Kabupaten dan Kota Serang. Salah satu kelompok KKM yang sempat dipantau ikatemia.tk adalah kelompok 63, yang berada di desa Susukan, Kecamatan Tirtayasa, Serang. Kelompok ini berjumlah 17 mahasiswa dan salah satu anggotanya dari keluarga besar teknik kimia adalah martina (2005).

“Permasalah utama di desa kami adalah air, dimana pada musim kemarau, stok air bersih tidak ada sama sekali, sedangkan pada musim hujan selalu banjir”, ungkap Trian, perwakilan dari kelompok 63. “kalaupun ada, air disini rasanya payau.”, tambah Trian lagi. Untuk itulah kelompok 63 mencanangkan program unggulan berupa teknologi sederhana pemurnian air payau, namun program tersebut terpaksa di”cut” karena sudah ada program pemerintah untuk penanggulangan permasalahan tersebut dengan menggunakan teknologi luar negeri. “Katanya, program tersebut dilakukan secara random dan kebetulan untuk saat ini desa kami ang kebagian, tapi nantinya seluruh desa akan mendapatkan program serupa dari pemerintah”.

Program lain yang telah dan sedang dilaksanakan kelompok 63 adalah penyuluhan koperasi atau perekonomian desa, penyuluhan kebersiahan dan kesehatan, serta jumat (25 juli) rencanaya akan dilakukan penyuluhan penggunaan teknologi Biodiesel yang akan diisi oleh bapak Rudi Hartono, ST., MT. PD 3 Fakultas teknik yang juga pernah menjabat sebagai KAJUR Teknik Kimia UNTIRTA. “Penyuluhan tentang biodiesel kami tekankan pada keunggulannya dibandingkan dengan bahan bakar petorleum (solar), serta teknologi sederhana pembuatan biodiesel yang mungkin bisa diterapkan di desa Susukan”, ungkap Trian.

Ketika ditanya mengenai kesan selama pelaksanaan KKM, Trian menjelaskan ternyata banyak hal positif yang bisa diambil. Diantaranya KKM bukan hanya sebagai alat pengabdian masyarakat, tetapi dengan KKM kita bisa mentransformasikan wawasan atau ilmu antara berbagai fakultas dan disiplin ilmu dan kalau dilakukan secara serius, sebenarnya tim yang terbentuk pada saat KKM bisa menjadi sebuah tim yang solid dan siap untuk membangun, baik itu membangun sebuah perusahaan bahkan Bangsa Indonesia.

Mengenai alasan ikut KKM, padahal Trian sendiri angkatan 2004 yang notabene tidak diwajibkan untuk ikut KKM, sambil tersenyum Trian menjelaskan ada 3 alasan pribadi, yaitu tidak bisa dipungkiri adanya Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ke 3, Tuntutan jabatan dimana sekarang Trian menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Masyarakat BEM KBM UNTIRTA 2007-2008, serta yang terakhir alasan nilai. “Untuk jurusan metalurgi, nilai KKM angkatan 2004 diambil dari konversi 2 mata kuliah pilihan yang diambil pada semester 7 dan 8, dari pada saya ngabisin waktu 2 semester, mendingan ikut KKM aja 1 bulan…”. Untuk jurusan teknik kimia, nilai KKM angkatan 2004 dan sebelumnya dikonversi dari nilai KP. (RK)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: