Pemkot Belum Koordinasi dengan PT ASDP

Uji Coba Pengoperasian TTM Pasti Ada Kendala
CILEGON, TRIBUN- Kepala Cabang PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Utama Merak, Teja Suparna mengaku belum adanya koordinasi dari pemerintah Kota (pemkot) Cilegon terkait rencana uji coba pengoperasian Terminal Terpadu Merak (TTM). Meski demikian, pihaknya akan menyambut baik rencana Pemkot Cilegon membuka Terminal Terpadu Merak (TTM) pada H-7 mendatang.
 “Hingga saat ini belum ada obrolan maupun koordinasi dari pemkot terkait rencana uji coba itu. Jika memang akan dibuka, kami tetap mendukung. Meski dipastikan ada beberapa kendala yang pasti muncul,” ungkapnya.

Dikatakan Teja, dengan dioperasikannya TTM, kendala yang akan muncul adalah persoalan jarak yang relatif jauh dari TTM ke dermaga. Karena dengan jarak yang jauh, para penumpang pasti mengeluh dan kelahan, tapi mudah-mudahan pemkot memberikan jalan keluarnya,” tuturnya.
Sementara terkait lahan eks Terminal Merak nanti yang tidak akan digunakan pasca pengoperasian TTM, Teja belum menyatakan dengan pasti akan jadi apa lahan tersebut. “Kita belum mengetahui maupun merencakan penggunaan lahan tersebut, jadi kita lihat saja nanti seperti apa jadinya,” katanya.

Sekedar informasi, Pemkot Cilegon bersikeras melakukan uji coba atas terminal baru tersebut pada H-7 mendatang meski izin pengoperasian atas terminal tersebut belum ada. Dipihak lain, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sri Haryanto menyatakan bahwa uji coba akan tetap dilakukan. Adapun mekasnismenya, terminal lama Merak akan ditutup dan semuanya akan dialihkan ke TTM.
 “Uji coba itu gunanya untuk melihat sejauh mana kekurangan dari TTM ini, lalu kita evaluasi dan cari solusinya dan kita akan lalukan uji coba pada angkutan lebaran ini,” tandasnya.

Ketika ditanya soal perizinan operasi yang belum dikeluarkan Departemen Perhubungan, Sri Haryanto mengakui bahwa belum ada izin operasi. Uji coba yang akan dilakukan nanti, kata Sri, adalah salah satu tindakan atau proses dan tahapan perizinan operasi nantinya. “Uji coba akan kami lakukan tanpa batas waktu, kalau bisa sampai izin operasi itu turun. Alasanya, jika ada kerusakan maka akan diperbaiki begitupun kekurangan juga diperbaiki dan nantinya di uji coba lagi sampai memenuhi syarat,” timpal Haryanto.

Sebelumnya, Dirjen Hubdat Iskandar Abu Bakar menyatakan bahwa TTM belum dapat dioperasikan pada angkutan lebaran nanti. Pasalnya, terminal kelas A itu belum mengantongi izin dari pusat (Dephub). Untuk itu, ia menyimpulkan, terminal yang digunakan masih tetap terminal Merak yang berada di lahan milik PT ASDP.

Bahkan selain Dirjen yang menyatakan TTM belum dapat dioperasi, sebuah penolakan juga muncul dari para sopir bus dan penumpang kapal. Seperti diberitakan, sopir bus mengeluh minim penumpang dan tingkat kriminalitas yang tinggi jika sudah dialikan ke TTM. Sedangkan para penumpang masih mengeluhkan jarak tempuh yang jauh dari TTM ke Loket maupun dermaga. Namun, atas keluhan tersebut pemkot tetap akan melakukan uji coba pengoperasian TTM. (Irw)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: