Merak-Bakauheni Siap Layani Pemudik

CILEGON, -Menteri Perhubungan (Menhub) Jusman Syafii Djamal menyatakan, jasa pelayanan pelayanan lintas Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni telah siap melayani para pemudik yang akan menyeberang menggunakan kapal feri. Ia berharap situasi dan pelayanan mudik pada tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Berdasarkan laporan dan pemaparan dari Dirut ASDP semua lancar. Kami lihat sudah ada perencanaan tentang bagaimana kesiapan sarana dan prasaran menghadapi arus mudik, seperti kapal dan prasarana lainnya,” kata Jusman saat meninjau kesiapan pelayanan mudik di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Senin (22/9) kemarin.

Menhub mengungkapkan, PT ASDP telah mengatur management kapal, sehingga akan ada penempatan teratur terhadap seluruh kapal yang melayani penyeberangan lintas Pelabuhan Merak-Bakauheni. Dari 32 kapal yang dipersiapkan, namun setiap hari yang berjalan hanya 25 kapal dengan proyeksi 81 trip.

“Saya kira 25 kapal sudah cukup. Adapun kapal cadangan juga telah disiapkan dengan menggunakan Pelabuhan Ciwandan (Pelindo II Banten). Di sana akan ada kapal bantu yakni 2 kapal Pelni, 2 kapal TNI AL dan 1 kapal dari ASDP yang bernama Ferryndo V,” ungkap Menhub.

Dikatakan, untuk sepeda motor disediakan jalur khusus yaitu di Dermaga IV. Jadi di Merak dan Bakauheni persiapan untuk menampung arus mudik sudah cukup baik. Antisipasi terhadap hal yang di luar skenario pun sudah diserahkan oleh ASDP. Pada dasarnya, Merak-Bakauheni sudah siap menampung arus mudik lebaran tahun ini,” jelas Menhub, seraya mengatakan, pada waktu puncak diperkirakan jumlah sepeda motor mencapai 15 ribu kendaraan.

Terkait soal kemacetan, lanjut Jusman, akan diupayakan dengan menyiagakan kapal-kapal yang berkapasitas angkut besar. Kapal-kapal tersebut, kata dia, akan disiagakan di Dermaga III Pelabuhan Penyeberangan Merak untuk memperlancar arus mudik.

“Pengaturan di dermaga terganung kondisi kapal. Khusus kapal besar sandar di Dermaga III, dan kapal khusus sepeda motor di Dermaga IV. Untuk kapal yang bermasalah akan dihentikan dan tidak akan dioperasikan selama lebaran supaya tidak menggangu kelancaran arus mudik,” ungkap Jusman, seraya menyatakan, tiket elektronik di Pelabuhan Penyeberangan Merak akan dijalankan setelah lebaran.

Dia berharap dengan persiapan yang sudah cukup baik, Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni harus benar-benar siap menampung arus mudik, sesuai dengan harapan masyarakat dan presiden yang menginginkan agar mudik tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. (J-02)***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: