8 Produk CINA Diduga Tercemar Melamin Ditarik

CILEGON, Sedikitnya 8 produk makanan yang dijual di toko-toko modern ditarik tim gabungan razia Pemerintah Kota Cilegon, Kamis (25/9) . Sementara itu, sesuai daftar makanan dari BPOM pusat yang diduga berkadar melamin, sebanyak 28 item. Hal tersebut juga menjadi perhatian instansi terkait untuk tetap mengawasinya.

Sejumlah produk makanan yang diduga tercemar melamin di Kota Cilegon ditarik dari peredaran. Hal tersebut setelah Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cilegon Kamis (25/9) merazia sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Cilegon. Termasuk diantaranya adalah Indomaret dan Alfamart.

Produk yang ditarik tersebut ada 28 item. Tetapi yang ditemukan beredar di Kota Cilegon hanya sekitar 8 produk diantaranya yakni Meiji Indoeskrim Gold Monas Rasa Coklat, Meiji Indoeskrim Gold Monas Rasa Vanila, Oreo Stick Wafer, Oreo Coklat Sandwich Cookies, Snicker’s, dan lainnya.

Dikatakan Kepala Dinkes Kota Cilegon Suleman, Melamin merupakan zat kimia yang bila dikonsumsi dapat merusak organ tubuh terutama ginjal. “Melamin yang saat ini menghebohkan cina merupakan zat kimia yang bisa meningkatkan kadar protein dalam susu. Tetapi sayangnya melamin merupakan zat berbahaya yang tidak diperkenankan menjadi campuran makanan,” kata Suleman.

Kata dia, sebelumnya dinkes menerima surat instruksi dari menteri kesehatan untuk segera melakukan pemantauan di pasar guna mencegah beredarnya produk yang tercemar melamin. “Menindaklanjutinya, hari ini (Kamis, red), tim kami langsung terjun ke lapangan bekerjasama dengan instansi terkait,” tuturnya seraya mengatakan, hasilnya, lanjut Suleman, positif menunjukkan ada sejumlah produk di Kota Cilegon yang tercemar melamin.

Sementara itu, saat razia, Penyidik Pegawai Negeri Perlindungan Konsumen (PPNPK) Disperindag Kota Cilegon Yudhi Indratama mengatakan, bahwa pihaknya telah mengimbau sejumlah tempat perbelanjaan yang menjual produk terduga tercemar melamin. “Kalau mereka tetap membandel, masih juga menjual, kami akan mencabut izin tempat usaha mereka,” tandasnya. (Irw)

 

2 Responses

  1. Wah, sudah banyak yang membahas…..
    Salam kenal dari Bali………

  2. Pemerintah kecolongan barang haram. sudah beredar baru bertindak, itupun kalau ada perintah atasan langsung tapi jika tidak ya paham-paham saja lah !!!?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: