PT ASDP Diminta Waspadai Sistem Pelayanan

Volume Penumpang Mulai Meningkat
CILEGON, Deputi Operasi Mabes Polri, Irjen Rubani Pranoto menegaskan kepada PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Utama Merak, agar memperhatikan sistem pelayanan selama angkutan lebaran. “Kami meminta kepada PT ASDP selaku operator pelabuhan, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi lagi kendala-kendala yang mengakibatkan kemacetan dan hal-hal yang urgent sehingga menyebabkan pelayanan kepada para penumpang terganggu,” tegas Rubani usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pelabuhan Merak, kamis (25/9).

Selain itu, Rubani juga menghimbau kepada aparat Kepolisian Resort Kota Cilegon melakukan pengamanan dengan baik. “Anggota polri juga kami himbau untuk senantiasa mengamankan kondisi arus mudik dan balik lebaran,” tambahnya.
Sementara itu, dari hasil pantauan dilapangan, arus mudik yang melalui jalur pelayaran dari dan ke Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni pada H-7 mengalami peningkatan. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya (tahun 2007, red), jumlah penumpang kapal pada H-7 mengalami peningkatan hingga 31 persen. Tahun 2007, jumlah penumpang sebanyak 25.033 orang, sementara pada H-7 musim mudik lebaran tahun ini mencapai 37.184 orang.

Kepala Cabang PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Utama Merak, Teja Suparna, ketika dihubungi membenarkan adanya peningkatan jumlah penumpang di pelabuhan terpadat itu.
 “Benar. Mulai H-7 kemarin jumlah penumpang mulai ada peningkatan. Bahkan kalau dibandingkan dengan tahun lalu pada waktu yang sama, tahun ini meningkat cukup besar yakni 31 persen,” jelas Teja.
 Sementara itu, berdasarkan data terakhir dari PT ASDP dari pukul 00.00 hingga pukul 08.00 kemarin, total jumlah penumpang mencapai 13.735. “Data ini hingga pagi ini (kemarin) saja. Kemungkinan jumlahnya naik, nanti malam kita lihat,” kata Teja.

Sementara itu, di ruas tol Merak juga ada peningkatan yang signifikan. Suvervisor Gerbang Tol Cilegon-Merak, Dudung, saat dihubungi mengatakan, peningkatan itu mencapai 25 persen jika dibandingkan dengan hari-hari biasa.
 “Mulai H-7, ruas jalan tol Merak didominasi oleh kendaraan pribadi. Kendaraan barang sudah mulai berkurang,” terang Dudung.
Dikatakannya, peningkatan kendaraan yang menggunakan ruas jalan tol Merak erat kaitannya dengan arus mudik yang akan menggunakan jasa penyeberangan merak-Bakauheni. “Kita juga sudah mempersiapkan untuk menghadapi puncak arus mudik. (irw)

One Response

  1. Purnawirawan Irjen.Pol Rubani Pranoto
    Pakdhe gue tu,,,
    hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: