73301 Kendaraan Telah Nyebrang ke Bakauheni

Kondisi pelabuhan penyeberangan Merak yang sejak H-7 dipadati pemudik, pada H-2, kemarin terlihat lengang. Sisa-sisa para pemudik yang datang, sangat leluasa untuk bisa masuk ke kapal. Padahal, pada H-4 dan H-3 lalu, kendaraan membutuhkan waktu hingga 9 jam untuk bisa naik ke dalam kapal roll on – roll off (ro-ro)

Dari hasil pantaua, antrean kendaraan yang terjadi di Pelabuhan Merak ini, mulai surut sejak pukul 02.00 wib. Bahkan, pada pukul 06.00 wib, kendraan, roda dua, roda empat, bus dan truk yang datang sudah langsung bisa masuk ke kapal tanpa harus tertahan di kantung parkir di setiap dermaga.

Data yang diperoleh dari PT ASDP Cabang Merak, sejak H-7 hingga H-2, kemarin pukul 08.00 wib, mencataat pada mudik Lebaran 2008 ini, kendaraan roda dua, roda empat, bus dan truk jumlahnya mencapai 73.301 kendaraan. Sedangkan, untuk penumpang mencapai 467.987.

Bahkan peningkatan jumlah penumpang dan kendaraan pada 2008 ini sangat besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dari H-7 sampai H-3 lebaran 2008 untuk penumpang yang menggunkan jasa kapal ro-ro jumlahnya sebanyak 433.610 dan untuk kendaraan 66.868. Sedangkan pada 2007 dari H-7 sampai H-3 jumlah penumpang hanya 234.795 dan untuk kendaraan 39548. 

Menurut Direktur Utama PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Bambang Soerjanto mengatakan, peningkatan jumlah pemudik pada 2008 ini diluar prediksinya. Sebab, puncak arus mudik terjadi dua hari yaitu pada H-4 dan H-3. Untuk H-4 jumlah penumpang mengalami puncaknya yaitu sebanyak 134.945 penumpang. Untuk H-3 jumlah kendaraan yang mengalami puncaknya, yaitu sebanyak 22.469 kendaraan. “Peningkatan kendaraan terbesar ini didominasi oleh roda dua,” kata Bambang Soerjanto, kemarin.

Kapolda Banten, Brigjen Rumiah K, mengatakan, mudik lebaran 2008 di Banten tidak terjadi kecelakaan yang menonjol baik di jalan raya maupun di Kawasan Pelabuhan Merak. Sehingga mudik 2008 di Banten berjalan dengan lancer. “Kecelakaan seperti bus terbakar itu, karena kelalayan manusi,” katanya.
Bahkan, kata Rumiah, di Pelabuhan Merak tidak terjadi tindak kriminalitas, seperti pencopetan dan juga pembiusan. Karena, penjagaan yang dilakukan oleh Polisi sangat maksimal. “Saat Pelabuhan Merak dipadati pemudik kami turunkan 1000 personil, dan apabila sangat lengang personil hanya 600,” ungkap dia.
Selian itu, rumiah juga akan segera menarik personil polisi kedaerah perkotaan, perbelanjaan  dan juga tempat-tempat wisata. Karena, pada saat lebaran nanti, daerah-daerah yang ramai adalah tempat-tempat tersebut. “Yang kami siagakan di Merak paling hanya 200 orang. Namun apabila kondisi Merak kembali ramai saat arus balik pasukan akan kembali disiagakan,” ujarnya

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: