Keberhasilan Kota Cilegon Dipernyatanyakan

Di Guyur Hujan Deras, Mahasiswa Tetap Orasi
CILEGON, Lagi, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan Front Aksi Mahasiswa (FAM) Kota Cilegon melakukan aksi demonstrasi di gerbang timur Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Cilegon, Kamis (23/10/) kemarin. Mereka kembali mendesak Kejagung, Kejati dan Polda Banten agar segera menuntaskan kasus dugaan korupsi di Kota Cilegon serta meningkatkan kualitas pendidikan.
Ketika aksi yang baru dimulai sekitar pukul 11.30, tiba-tiba hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Cilegon dan mengguyur para demonstran. Sambil dijaga ketat oleh puluhan aparat kepolisian, belasan mahasiswa Cilegon terus melakukan orasi dengan mengkritisi pembangunan Kota CIlegon yang masih menyandang rapor merah. Meski hujan deras mengguyur Cilegon, namun para mahasiswa tidak menghentikan aksinya. Dengan keadaan basah kuyup, mereka terus melakukan orasi agar kasus korupsi di kota itu dituntaskan.
Dengan terpaksa dan memang sudah menjadi tugas, aparat Kepolisian Resort (Polres) Kota Cilegon yang menerjunkan satu pleton anggota Dalmas harus ikut-ikutan kehujanan. Pasalnya, para mahasiswa sendiri menyatakan mereka akan tetap berorasi meski diguyur hujan.
“Kami tak takut hujan. Hujan menandakan bahwa aksi kami diridoi oleh Allah, maka kawan-kawan kita lanjutkan aksi ini, apakah kalian takut, tidak,” begitu teriakan mahasiswa yang di Motori oleh Ketua KAMMI, Azwar Annas. Mahasiswa dan aparat kepolisian pun akhirnya basah kuyup selama aksi berlangsung. Sementara beberapa orang berpakaian PNS, hanya mengamati mereka dari jauh.
Sekitar 30 menit diguyur hujan dan sudah puas dengan orasinya, para mahasiswa pun membubarkan diri. Mereka berjanji akan tetap melakukan aksi hingga tuntutan mereka yakni membersihkan Cilegon dari praktek korupsi terwujud. Sayangnya tidak ada satupun pejabat Pemkot Cilegon yang menanggapi demo tersebut.
“Aksi kami bukan untuk membuat kondisi Cilegon tidak kondusif. Kami aksi sebagai wujud fungsi control kami terhadap pelaksanaan pemerintahan yang ada di Cilegon karena kami cinta Cilegon,” kata Azwar Annas.
Sebelumnya, beberapa hari terakhir mahasiswa kerap melakukan aksi demontrasi yang tujuannya terhadap Pemerintah Kota Cilegon. Mereka menilai bahwa beberapa temuan BPK menunjukan adanya ketidakberesan pengelolaan pemerintahan di Kota Baja tersebut.

Nggak Perlu Ditanggapi
Sementara itu, Walikota Cilegon, H. Tb Aat Safa’at ketika dimintai komentar seputar aksi demo yang terus menerus terjadi, baru-baru ini mengatakan, aksi mahasiswa itu bagian dari demokratisasi di wilayahnya. Bahkan, ia juga menegaskan kepada masyarakat untuk tidak menanggapi aksi demo tersebut.
“Nggak usah ditanggapi lah, sekarang terus-terusan demo dan mendesak menuntaskan korupsi, tapi apa yang dikorupsi, kalau memang saya melakukan korupsi, kenapa saya tidak dipanggil oleh pihak yang berwenang,” ujarnya seraya mengatakan, berharap para demostran tidak selalu memojokan pemerintah dan selalu menganggap pemerintah salah.
“Padahal kalau disaksikan, kekurangan pembangunan di Kota Cilegon tidak terlalu signifikan, dan pemerintah juga selalu mengeluarkan kebijakan untuk kepentingan masyarakat,” tambah Aat. (Irw)

2 Responses

  1. cilegon punya APBD 140 milyar lebih namun pembangun dirasakan belum merata, padahal rakyat cilegon berharap besarnya APBD itu dapat berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan mereka…bagaimana ini…:-(

  2. Syukur, mahasiswa di cilegon semakin kritis. Pemkot masih berusaha membela diri di tengah kelemahan kinerjanya. Terkadang asosiasi & lembaga non goverment juga tidak membangun iklim demokrasi. Yang pasti harusnya status putera daerah berarti tanggung jawab yg lebih besar untuk mengembangkan daerah, bukan sebagai kartu As untuk mendapatkan kekuasaan demi keuntungan pribadi/golongan, yang hanya menyeret rakyat sebagai stempel untuk mendapatkan proyek, jabatan, kekuasaan. Hidup mahasiswa!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: