Jalur Wisata Carita Rusak Parah

PANDEGLANG – Kerusakan jalan menuju lokasi objek wisata Carita, mulai dari Makam Keramat Syech Asnawi Caringin hingga Hotel Mutiara Carita sepanjang 500 meter makin parah. Seluruh badan jalan hotmix ini hancur, berlubang hingga tampak lapisan tanahnya. “Kami kecewa dengan pemrintah yang terkesan mendiamkan masalah ini,” ujar Nahrowi, warga Caringin.

Sejumlah perbaikan yang sempat dilakukan Pemprov dan pengusaha batu boldas untuk proyek PLTU Labuan 2 beberapa waktu lalu sudah kembali hancur. Malah sebaliknya, kata dia, kerusakan makin parah jika dibandingkan pada saat sebelum perbaikan.

Jajang, sopir angkutan jurusan Labuan-Carita mengaku mengalami kerugian cukup besar dengan buruknya kondisi ruas jalan di wilayah ini. Setiap minggu harus ganti sparepart kendaraannya yang kerap rusak. “Mending kalau ada uang untuk menggantinya. Tapi ini tidak. Sementara pendapatan kami turun drastis karena tak bisa memacu kendaraan,” ungkapnya.

Begitu juga dengan yang diungkapkan Tb Entus Ma’mun, Ketua Forum Labuan Bersatu (FLB). Kata dia, buruknya kondisi jalan Carita-Labuan yang menuju objek wisata ini telah membuat seluruh aktivitas masyarakat terganggu. “Tidak hanya sopir angkot dan tukang ojek yang mengeluhkan masalah ini. Tapi juga pengelola objek wisata dan beberapa pedagang yang sepenuhnya mengandalkan keberadaan para wisatawan,” tandasnya.

Dihubungi tepisah, Arlan, Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan UPT Wilayah Selatan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Banten menerangkan, perbaikan ruas jalan Labuan-Carita akan dibangun tahun ini.

“Kita telah mendapatkan tembusan rencana perbaikan ruas jalan tersebut. Dananya berasal dari pemerintah pusat melalu APBN karena jalan itu tanggungjawab pusat,” ungkapnya. (yus)

2 Responses

  1. Lam kenal, gimana kalo jalan cilegon masih satu arah kah

    • salam kenal juga..
      jalan utama di cilegon bukan satu..tapi dua,
      1. cilegon – anyer
      2. cilegon – merak

      minggu ini sedang dicoba jalur/trayek angkot yang baru….tp gak tau tuh muter2nya kemana ajah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: