PT. KS Diminta Ganti Perusahaan Labour Supply

Ribuan Buruh Kontrak Gelar Demo

ibuan-buruh-yang-tergabung-dalam-serikat-buruh-krakatau-steel-saat-menggelar-orasi-akbar-di-halaman-dalam-gedung-perkantoran-jajaran-direksi-dan-komisaris-pt-ks-selasa-242-laluCILEGON – Sekitar 3.500 buruh kontrak yang dipekerjakan di PT Nusantara Bara Cilegon (NBC) dan PT Delapan Mitra Mandiri (DMM) sebagai perusahaan labour supply di PT Krakatau Steel, menggelar aksi demonstrasi akbar di kawasan Wire Rood Gedung Teknologi KS, kemarin. Salah satu tuntutan buruh adalah mendesak PT KS untuk tidak memperpanjang kontrak dua perusahaan labour supply tersebut, yang akan habis masa kontrak pada 31 Maret 2009.

Ribuan buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Krakatau Steel (SBKS) tersebut mulai menggelar orasi akbar sekitar pukul 08.30 WIB. Mereka satu per satu melakukan orasi di halaman dalam gedung perkantoran jajaran direksi dan komisaris PT KS itu.

Karena aksi yang dilakukan berada di dalam areal pabrik, sejumlah wartawan yang akan meliput tertahan, tidak diizinkan masuk oleh petugas keamanan Pos Wire Rood KS. Meski dilangsungkan di areal pabrik, demo tersebut mendapat penjagaan ketat dari aparat Polres Cilegon, yang menurunkan satu pleton Satuan Dalmas.

Ketua Umum SBKS, Isomudin yang menemui wartawan di luar gedung teknologi PT KS, mengatakan, berdasarkan kesepakatan para buruh, aksi akbar ini digelar untuk menuntut perusahaan (PT NBC dan PT DMM-red), agar memberikan uang pesangon kepada para karyawan yang belum dibayarkan sejak 2000 lalu.

“Titipan pesangon dari KS untuk kami (buruh-red) harus aman dan dibayarkan. Sebab per 31 Maret 2009, kontrak kerja PT NBC dan PT DMM sudah habis. Kami juga berharap PT KS mengevaluasi kinerja perusahaan yang mempekerjakan kami. Kami khawatir ke depan perusahaan semakin semena-mena terhadap kami,” kata Isomudin, didampingi korlap aksi, Rusli, seraya mengungkapkan, perusahaan memiliki hutang uang pesangon sekitar Rp16 Miliar.

Dikatakan Isomudin, para buruh sudah tidak kerasan bekerja di bawah naungan PT NBC dan PT DMM. Meski sudah lama menjadi labour supply di PT KS, kata dia, dua perusahaan tersebut tidak pernah terlihat menuju profesionalitas.

“Oleh karena itu, maksimal pada tanggal 31 Maret 2009, kami harus mendapat kepastian dan jawaban dari PT KS, untuk pengganti perusahaan itu. Harusnya PT KS bisa melihat dan mengevaluasi dong kinerja perusahaan kami ini. Wong sudah tidak menguntungkan dan tidak professional, buat apa dipertahankan,” tandasnya.

Setelah berorasi di lapangan Divisi Keamanan PT KS, ribuan buruh melanjutkan berorasi di sekitar pintu masuk bus karyawan KS. Di lokasi ini, wartawan akhirnya mengambil gambar aksi para buruh tersebut. Setelah mendapat instruksi dari korlap, ribuan buruh itu membubarkan diri. Sebagian buruh yang masuk malam pulang, sedangkan yang lainnya kembali kerja.

Manajer Divisi Humas PT KS, Dede Rusli, mengatakan, permintaan para buruh yang dipekerjakan perusahaan labour supply tersebut akan segera dibahas jajaran direksi PT KS. Direksi dan jajaran manajemen lainnya, kata dia, akan melakukan konsolidasi internal.

“Dari perusahaan (KS-red) sudah menampung masukan. Perusahaan juga akan segera mengevaluasi kinerja dari labour supply apakah masih baik atau tidak. Masalah ini akan ditinjau bersama, termasuk beberapa aspek terkait masukan dari buruh itu. Yang pasti, sesuai dengan komitmen, perusahaan (KS-red)  tidak akan melakukan PHK. Selama masih berjalan baik dan mampu, perusahaan akan pertahankan karyawan tetap maupun buruh kontrak,” ujar Dede. (yus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: