Pembangunan Tiga Mega Proyek Minta Dipercepat

LEBAK – Pemerintah Kabupaten Lebak meminta tiga mega proyek yang akan dibangun di Kabupaten Lebak dipercepat. Tiga proyek itu yakni, pembanggunan jalur ganda (double track) Kereta Api (KA) Jakarta – Maja, Pembangunan Waduk Karian dan pembangunan sarana olahraga untuk menunjang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten pada oktober 2010 yang akan datang.

Wakil Bupati Lebak Amir Hamzah mengatakan, dengan dipercepatnya pembangunan double track jalaur KA Jakarta – Maja, Kabupaten Lebak diyakini akan cepat berkembang. “Dengan adanya double track pertumbuhan penduduk juga akan cepat, sehingga akan memacu percepatan pembangunan disana,” ujar Amir, kemarin.

Bahkan dengan cepatnya pertumbuhan penduduk, kemungkinan besar daerah Kecamatan Maja dan sekitarnya, bisa menjadi kota yang mandiri. “Saya minta Pemrov Banten mendorong pemerintah pusat untuk segera mempercepat pembanggunan jalur doble track itu,” katanya.

Menurut Amir, terkait masalah pembebasan lahan untuk jalur baru, hal tersebut tidak menjadi masalah, sebab tanah yang ditempati warga di sekitar rel KA itu adalah milik PT KAI. “Untuk pembebasan lahan tidak memerlukan dana besar, namun hanya dana kerohiman saja,” paparnya.

Tidak hanya itu, Amir juga meminta pembangunan Dam Waduk Karian, yang saat ini dalam tahap pembebasan lahan juga minta dipercepat. Sebab pembangunan yang akan menghabiskan dana sekitar Rp4 triliun ini akan bermanfaat bagi warga di Kabupaten Lebak. “Proyek ini juga akan kami usulkan kepada Pemprov Banten agar dipercepat,” tuturnya.

Selain dua proyek itu, Amir juga meminta sering anggaran kepada Pemprov Banten, terkait pembangunan fisik untuk pelaksanaan Porvrop Banten 2010. Karena, anggaran untuk pembangunan fisik sangat tinggi yaitu mencapai Rp37 miliar. “Kami berharap pemprov bisa memahami, karena pelaksanaan Porvrop bukan hanya kepentingan Kabupaten Lebak saja,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah mengatakan, Pemprov Banten telah mengakomodir setiap masukan terkait rencana pembangunan infrastruktur dari kabupaten dan kota yang ada di Banten.

Setiap masukan itu, akan dimasukan dalam perubahan rencana tata ruang wilayah Pemprov Banten. “Waduk Karian salah satu program pembangunan yang akan kami laksanakan di Lebak,” ujar Atut.

Menurut Atut, arah pembangunan di Banten akan dilakukan sistem klaster setiap potensi sesuai kondisi daerah, seperti halnya di Kabupaten Pandegalng akan dijadikan wilayah pengembangan pariwisata. “Jadi potensi-potensi daerah akan mudah kita kembangkan,” ujarnya. (yus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: