Banten Tuan Rumah Hari Sumpah Pemuda Ke-81 Tingkat Nasional

“Perintis HSP di Daerah “

SERANG – Warga Banten khususnya pemuda, harus mengucap syukur berbangga. Pasalnya, pelaksanaan hari Sumpah Pemuda tingkat nasional yang biasanya dilangsungkan di Jakarta, namun untuk tahun ini, peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke -81 dilaksanakan di daerah. Dan Provinsi Banten merupakan daerah pertama yang dipilih untuk menyelenggarakan even tingkat nasional yang dilaksanakan tanggal 28 Oktober 2009 tersebut.

“Kami sangat bersyukur dan patut bangga, karena pemerintah pusat memilih kita untuk menjadi tuan rumah dalam acara yang cukup sakral ini. Banten merupakan printis dilaksanakannya peringatan HSP tingkat Nasional di daerah,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten, Drs H Iin Mansyur saat peringatan HSP di halaman Masjid Raya dan Pusat Kajian Islam Banten di kawasan Pusat Pemerintahan Povinsi Banten (KP3B) yang akan menjadi lokasi acara, Rabu (28/10) kemarin.

Menurut Iin Mansyur, yang dipercaya sebagai Ketua Panitia Lokal tersebut, dipilihnya Provinsi Banten sebagai tuan rumah pelaksanaan peringatan HSP ke-81 ini merupakan bentuk penghargaan yang tidak ternilai dari pemerintah pusat. Karena dalam sejarah Peringatan Hari Sumpah Pemuda, baru pada tahun inilah daerah ditunjuk dan untuk pertama kalinya dipercaya sebagai penyelenggara kegiatan tersebut.

Namun demikian Iin menambahkan, kepercayaan pemerintah pusat tersebut bisa jadi bukan tanpa alasan. Karena sebagai provinsi yang belum lama lahir, even sejenis telah beberapa kali dilangsungkan dan bertempat di Provinsi Banten, termasuk kegiatan pertemuan pemuda antar bangsa (International Youth Conference), di Hotel Marbella Anyer, Serang Banten, Selasa (29/9) lalu.

Saat itu, sebanyak 150 pemuda yang berasal dari 25 negara sempat melahirkan sejumlah rekomendasi. Bahkan, rekomendasi yang bertitel “Deklarasi Banten”  yang diantaranya merekomendasikan peran pemuda dalam mengatasi kekerasan dan radikalisme itu menjadi pembahasan dalam sidang United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) di Paris, Prancis, Jumat 2 Oktober lalu.

“Alhamdulillah semuanya berjalan sukses, aman dan lancar,” ungkap mantan Ketua KNPI Banten tersebut.

Acara tersebut dibuka langsung oleh wakil Presiden RI, Boediono dengan dihadiri Mentri Pemuda dan Olahraga, Ketua Mahkamah Konstitusi, Menkokesra di Kabinet Indonesia Bersatu.

Tidak itu saja, sejumlah petinggi negara termasuk duta atau perwakilan dari negara sahabat serta sejumlah gubernur se Indonesia tampak hadir untuk mengikuti acara yang cukup sakral dan dilaksanakan setiap tahun sejak sebelum masa kemerdekaan itu.

Sejumlah prosesi peringatan HSP ke-81 kemarin, disiapkan panitia antara lain, penyambutan Wapres Boediono dengan tarian tradisional suku baduy, lantunan lagu Indonesia Raya, karya WR Supratman, diselingi musik biola yang akan dimainkan oleh komponis Idris Sardi, pengucapan sumpah dan janji “Sumpah Pemuda”, pembacaan Deklarasi Pemuda Internasional (Deklarasi Banten), sambutan dari Panitia acara sekaligus Mentri Pemuda dan Olahraga, Gubernur Banten dan Wakil Presiden RI, serta acara hiburan dan musik tradisional yang dimainkan oleh pemuda-pemudi asal Provinsi Banten.

Dalam acara yang bertema Pemuda Bersatu Indonesia Bangkit dan Maju itu, Wapres Boediono tampak menyerahkan penghargaan kepada 9 tokoh pemuda berprestasi, dan 1 orang pembina dari seluruh Indonesia yang dianggap menjadi pelopor dan berjasa dalam mendorong pembangunan di tanah air, khususnya di daerah tempat tinggalnya.

Namun sangat disayangkan dalam acara pemberian penghargaan itu tidak ada satupun pemuda asal Banten yang mendapatkan medali atau piagam dari Wapres Boediono.(yus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: